UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STORYTELLING DAN VISUALISASI PADA MATERI RUKUN IMAN

Penulis

  • Wahyuni Abas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 16 Dulupi pada materi Rukun melalui penerapan model pembelajaran storytelling dan visualisasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas 1, dengan instrument berupa lembar observasi, tes hasilbelajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aktivitas kegiatan guru dan lembar observasi kegitan siswa dari siklus I ke siklus II.Pada siklus II, persentase ketuntasan aktvitas guru mencapai 95%, dibandingkan siklus I yang hanya mencapai 72%.Sedangkan aktvitas kegiatan siswa pada siklus II mencapai 96% dibandingkan siklus I yang hanya mencapai 71%.Hal ini tentu juga berdampak pada hasil belajar siswa pada pembelajaran materi “Rukun Iman” di kelas 1 SD Negeri 16 Dulupi. Penelitian menunjukkan peningkatan dari temuan awal hasil belajar Siswa pada materi “Rukun Iman” dari 40%, meningkat menjadi 50% pada siklus I kemudian meningkat signifikan pada siklus II menjadi 90%. Dengan demikian, model pembelajaran storytelling dan visualisasi terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Rukun.

Diterbitkan

2024-09-30