MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MENGHAFAL SURAH AL – MA’UN MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS V SD NEGERI 14 PAGUYAMAN KABUPATEN BOALEMO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Pada Materi Menghafal Surat Al-Ma'un dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Market Place Activity. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C SDN 14 Paguyaman Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan . Teknik pengumpulan data melalui observasi dengan instrument penelitian yakni lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, tes dan juga lembar hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian diperoleh metode demonstrasi berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hidup lapang dengan berbagi. Sebelum diterapkannya metode demonstrasi hasil belajar siswa secara klasikal dengan hasil penelitian yang meliputi 1) Peningkatan aktivitas guru selama proses pembelajaran pada siklus I yang hanya mencapai 59% sementara pada siklus II meningkat menjadi 94%) Peningkatan pada aktivitas peserta didik selama siklus I dilakukan hanya memperoleh prosentase nilai sebesar 45% sementara setelah dilakukan perubahan proses pembelajaran pada siklus II peningkatan aktivitas peserta didik memperoleh nilai sebesar 91%, dan 3) peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari pra siklus ketuntasan mencapai 32% dengan nilai rata-sara klasikal mencapai 59.21 dengan kategori tuntas sebanyak 7 peserta
didik. Pada siklus I meningkat menjadi 63% dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 68,95 adapun jumlah yang tuntas mencapai 7 peserta didik.Sementara pada siklus II meningkat hasil belajar mencapai angka prosesntasen 100% dengan ketuntasan yang maksimal adalah 10 peserta didik, pada siklus II tersebut nilai rata-rata klasikal mencapai 84 dan sudah melebihi dari KKTP yakni 70. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.