MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI RUKUN IMAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA FASE A KELAS 1 DI SDN 77 KOTA TENGAH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi hukum halal dan haram menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada kelas I SDN 77 Kota Tengah. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diterapkan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan pemahaman peserta didik secara signifikan. Hal ini tercermin dari peningkatan nilai rata-rata kelas serta keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Penerapan PBL juga mendorong peserta didik berpikir kritis dan mampu mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Dampaknya, peserta didik tidak hanya memahami mengenal rukun iman, tetapi juga menerapkannya dalam keseharian. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan PBL sebagai pendekatan efektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.