MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SEMANGAT MENUNTUT ILMU

Penulis

  • Erlianingsi Mokoginta

Abstrak

Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk generasi berkualitas, di mana hasil belajar menjadi indikator utama efektivitas pembelajaran. Namun, di SMP Negeri 6 Gorontalo, hasil belajar pada materi semangat menuntut ilmu masih rendah, menunjukkan peserta didik kesulitan memahami dan menginternalisasi nilai-nilai moral tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi semangat menuntut ilmu, jenis penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  dilakukan sebanyak 2 siklus, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX dengan jumlah 15 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada pra siklus Peserta didik yang tuntas 7 orang peserta didik dengan presentase ketuntasan 46.67% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 8 peserta didik dengan presentase  ketuntasan 53.33%, sedangkan pada tahap siklus I peserta didik yang  tuntas  sebanyak 11 orang  peserta didik  dengan presentase ketuntasan 81.33%, dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan presentase ketuntasan  26.66%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dengan presentase peserta didik  yang  tuntas  100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Diterbitkan

2024-09-30