INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SHOLAT JENAZAH DI KELAS IX PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N.3 KOTA GORONTALO
Abstrak
Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk generasi berkualitas, di mana hasil belajar menjadi indikator utama efektivitas pembelajaran. Namun, di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo, hasil belajar pada materi Sholat Jenazah masih rendah, menunjukkan peserta didik kesulitan memahami dan menginternalisasi nilai-nilai moral tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sholat Jenazah, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dilakukan sebanyak 2 siklus, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX dengan jumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada pra siklus Peserta didik yang tuntas 4 orang peserta didik dengan presentase ketuntasan 40.00% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 6 peserta didik dengan presentase ketuntasan 60.00%, sedangkan pada tahap siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 7 orang peserta didik dengan presentase ketuntasan 70.00%, dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan presentase ketuntasan 30.00%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dengan presentase peserta didik yang tuntas 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.