MENINGKATKAN HASIL PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA POSTER PADA MATERI RUKUN IMAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada melalui media poster. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah fase A kelas II SDN 13 Mananggu Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 12 peserta didik yang terdiri dari 7 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh media poster berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi rukun iman Sebelum diterapkannya hasil belajar Peserta didik secara klasikal hanya 7 Peserta didik (58%) Yang menunjukkan kategori tuntas dengan jumlah rata-rata keseluruhan70 Setelah diterapkannya media poster tersebut menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik masih tetap sama 70%. pada siklus I(kategori Stuntas )dengan jumlah rata-rata70, Setelah diterapkannya media poster pada sikilus pemahaman peserta didik sudah meningkat 84.5pada (kategori tuntas).