MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN MAKNA SURAH AL-MA’UN MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL DI KELAS 5 SD NEGERI 31 WONOSARI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi surah Al-Ma’un melalui media Audio-Visual. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C1 SDN 31 Wonosari Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh penggunaan media Audio-Visual berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pemahaman makna Surah Al-Ma’un. Sebelum diterapkan penggunaan media Audio-Visual hasil belajar siswa secara klasikal hanya 2 siswa (20%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 58,6. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 4 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 89,2. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.