IMPLEMENTASI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PUASA RAMADAN DI KELAS III SDN 11 BOTUMOITO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 11 Botumoito pada materi Puasa Ramadan melalui penerapan metode Numbered Heads Together (NHT). Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing- masing dengan empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada setiap siklus, peneliti bertindak sebagai guru yang memfasilitasi diskusi kelompok, di mana siswa diberikan nomor dan berdiskusi untuk menemukan jawaban yang tepat sebelum dipresentasikan. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa, asesmen formatif, dan sumatif. Penelitian ini melibatkan 13 siswa. Pada siklus pertama, hasil belajar siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKTM), dengan ketuntasan asesmen formatif 53,84% dan asesmen sumatif 46,15%. Pada siklus kedua, setelah perbaikan, ketuntasan asesmen formatif meningkat menjadi 84,61%, dan sumatif menjadi 76,92%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode NHT efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.