PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TARTIL SURAH AL-‘ALAQ AYAT 1-5 MELALUI METODE UMMI PADA SISWA KELAS 3

Penulis

  • Ismail M. Dai

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca tartil Surah Al-Alaq ayat 1-5 pada siswa kelas 3 SDN 11 Tilamuta melalui penerapan Metode Ummi. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah 33 siswa kelas 3 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan membaca dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Ummi berhasil meningkatkan kemampuan membaca tartil siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan Metode Ummi, hanya 5 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64,0. Setelah penerapan Metode Ummi, hasil posttest pada siklus I menunjukkan peningkatan, dengan 25 siswa (75,8%) mencapai KKM dan rata-rata nilai 80,07. Pada siklus II, jumlah siswa yang lulus meningkat menjadi      30 siswa (90,91%) dengan rata-rata nilai 88,46. Penerapan Metode Ummi berhasil meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga mereka lebih antusias dan aktif dalam membaca Al-Qur'an.

Diterbitkan

2024-06-30