UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL BACAAN-BACAAN SHALAT MELALUI METODE DRILL pada PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 14 BOTUMOITO
Abstrak
Penelitian ini mnerapkan metode drill dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal bacaan-bacaan shalat pada siswa kelas VI di SDN 14 Botumoito Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (action research) sebanyak dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, Tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 14 Botumoito yang terdiri dari 12 orang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis didapatkan sebelum diterapkannya metode drill bahwa secara klasikal masih tergolong rendah. Selanjutnya setelah dilakukan Tindakan pada kegiatan pembelajaran pada siklus I dapat dilihat peningkatan kemampuan menghafal bacaan-bacaan shalat oleh siswa dengan perolehan rata-rata 63,3 berada pada kelas interval 55-75 pada kategori cukup baik. Selanjutnya Tindakan pada siklus II dengan nilai akhir menunjukan kemampuan siswa dalam menghafal bacaan shalat rata-rata 76,2 berada pada kelas interval 70-85 kategori baik. Secara keseluruhan, perbandingan antara hasil sebelum Tindakan, siklus I dan siklus II menunjukan perkembangan yang positif, siswa yang sebelumnya kesulitan dalam menghafal kini dapat mengingat dengan lebih baik