PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BEKERJA KERAS DAN TANGGUNG JAWAB DI KELAS XII RPL SMK NEGERI 2 PAGUYAMAN

Penulis

  • Agustin Lamangida

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII RPL SMK Negeri 2 Paguyaman pada materi bekerja keras dan tanggung jawab dengan menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik setelah mengikuti tahapan Pra Siklus, Siklus 1, dan Siklus 2. Pada Pra Siklus, hanya 28,17% yang tuntas, sementara 70,83% tidak tuntas. Setelah Siklus 1, peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 58,33%, dan yang tidak tuntas menjadi 41,67%. Pada Siklus 2, peserta didik yang tuntas mencapai 87,50%, sementara yang tidak tuntas hanya 12,50%. Kesimpulannya, penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dengan efektif, terutama dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Peneliti merekomendasikan penggunaan model ini bagi guru yang kesulitan meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik.

Diterbitkan

2024-06-30