PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS PADA MATERI HAKEKAT SALAT PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 POPAYATO TIMUR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, pemahaman, dan hasil belajar peserta didik pada materi Hakikat Salat di kelas VII SMP Negeri 1 Popayato Timur melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilakukan menggunakan metode tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran, khususnya pada aktivitas diskusi, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Pada siklus I, hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 74% dengan ketuntasan klasikal 46,15%, sementara pada siklus II terjadi peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata mencapai 92% dan ketuntasan klasikal 92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode PBL efektif untuk meningkatkan aktivitas, pemahaman, dan hasil belajar siswa pada materi Hakikat Salat. Selain itu, PBL juga memberikan manfaat bagi pendidik dalam mengelola pembelajaran yang lebih interaktif dan bermakna, serta meningkatkan kualitas pendidikan secara umum di SMP Negeri 1 Popayato Timur.