UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE JIGSAW PADA MATERI HAJI WADA FACE C KELAS 5 DI SDN 5 BIAU

Penulis

  • Rimawati Saleh

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam  materi haji wada kelas V SDN 5 Biau melalui metode jigsaw. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas V SDN 5 Biau Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 12 peserta didik . Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah  dengan menggunakan penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan memenuhi KKTP. Dalam proses pembelajaran peneliti menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan melibatkan peserta didik secara langsung dalam proses pembelajaran, terbukti dengan menggunakan metode jigsaw telah meningkatkan prestasi peserta didik. Sebagai hasilnya peserta didik  mampu menerima materi yang di sampaikan dan mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Pada siklus pertama hasil observasi aktifitas peserta didik mencapai presentase 48% dari hasil belejar peserta didik yang tuntas 4 orang dan pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mencapai 100% dengan jumlah peserta didik yang tuntas 12 orang.

Diterbitkan

2024-02-20