MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG QADA DAN QADAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BAGI PESERTA DIDIK FASE C KELAS 5 SDN 8 ANGGREK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Qada dan Qadar peserta didik kelas 5 SDN 8 Anggrek melalui metode pembelajaran discovery Learning. Penelitian termasuk Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik fase C kelas 5 SDN 8 Anggrek. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi, dokumentasi, wawancara dan pengumpulan data. Hasil penelitian diperoleh metode pembelajaran discovery Learning berhasail meningkatkan pemahaman Peserta didik kelas 5 SDN 8Anggrek. Sebelum diterapkannya metode discovery Learning ditemukan beberapa masalah dalam proses pembelajaran qada dan qadar di kelas 5 SDN 8 Anggrek Negeri Gorontalo Utara. Saat proses pembelajaran berlangsung, banyak Peserta didik yang kurang fokus, menunjukkan bahwa dari 10 Peserta didik, hanya 6 Peserta didik (60%) yang mencapai KKM, sedangkan 4 Peserta didik (50%) belum tuntas. Setelah diterapkannya metode tersebut dapat pada siklus I dan siklus II meningkat dari 65% ke 75% (Pra-tindakan) dan naik menjadi 85% karena motode ini mendukung peserta didik Metode ini juga mendorong keaktifan belajar, pemahaman yang mendalam, dan keterampilan berpikir kritis Peserta didik.