PENERAPAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI ASMAUL HUSNA PADA SISWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas II SDN 3 Tapa terhadap materi Asmaul Husna melalui penerapan pendekatan Project-Based Learning (PjBL). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A Kelas II SDN 3 Tapa, yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa melalui model Project-Based Learning (PjBL) pada siklus I siswa yang berhasil memperoleh nilai >75 sebanyak 9 siswa dengan prosentase 45% sedangkan yang mendapat nilai <75 sebanyak 11 siswa. Dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 siswa dengan prosentase 85% dengan nilai rata-rata 84.5 sedangkan 3 siswa yang mendapat nilai <75. Dengan menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) siswa belajar lebih baik dan aktif serta komunikatif dengan guru maupun teman sendiri. Selain itu siswa juga dapat meningkatkan daya kreatifitas dan ide-ide mereka dalam konteks yang lebih luas.