PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA KARTU PINTAR INTERAKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS I FASE A

Penulis

  • Martin Abas SDN 4 Tapa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam memahami huruf hijaiyah dengan lebih baik, meningkatkan minat dan motivasi belajar, serta memperbaiki hasil belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A SDN 4 Tapa Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan media kartu pintar interaktif berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi huruf hijaiyah. Sebelum diterapkannya model PBL dengan media kartu pintar interaktif hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 5 peserta didik (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74,9. Setelah diterapkannya model PBL dengan media kartu pintar interaktif tersebut pada siklus I sebanyak 6 peserta didik (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75,7 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 100. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena media kartu pintar interaktif mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Diterbitkan

2023-12-30