PENERAPAN QUIZIZ MODE PAPER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGHADIRKAN SALAT DAN ZIKIR DALAM KEHIDUPAN DI SMPN 22 KENDARI

Penulis

  • Sarmila SMPN 22 Kendari

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Quizizz Mode Paper dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Menghadirkan Salat dan Zikir dalam Kehidupan” di SMPN 22 Kendari.Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur dalam penelitian ini adalah 1). Perencanaan 2). Pelaksanaan tindakan 3). Observasi dan evaluasi dan 4). refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMPN 22 Kendari semester Ganjil 2023/2024 yang berjumlah 14 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan quizizz mode paper dalam evaluasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 22 Kendari, hal tersebut dapat dilihat dari hasil pembelajaran pada siklus I dan siklus II, yang mana ketuntasan siswa pada siklus I yang di atas KKM berjumlah 1 siswa (10%) siswa yang belum tuntas dibawah KKM berjumlah 9 siswa (90%). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran belum meningkat jika dibandingkan dengan nilai dari Pra Siklus. Sedangkan pada pembelajaran ketuntasan siswa pada siklus II yang di atas KKM berjumlah 12 siswa (85,71%) dan siswa yang belum tuntas dibawah KKM berjumlah 2 siswa 14,29%). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sudah meningkat hasil pembelajarannya karena mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu ≥80% karena ketuntasan hasil belajar mencapai 85,71%. hal tersebut dapat dilihat dari hasil tiap siklus.

Diterbitkan

2023-12-04