MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PUASA DIBULAN RAMADHAN MELALUI METODE KOPERATIF KELAS V DI SDN 4 BANAWA KABUPATEN DONGGALA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasi belajar peserta didik pada materi puasa dibulan Ramadhan pada siswa kelas V di SDN 4 Banawa. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian SDN 4 Banawa. Subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 17 siswa dengan 10 siswa dan 7 siswi. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik tes dan teknik nontes yang meliputi observasi, lembar kegiatan peserta didik dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis. Hasil penelitian pra siklus presentase ketuntasan hanya 33,33% dengan rata-rata 24,99, setelah dilakukan tindakan mengalami peningkatan. Pada siklus I mencapai 58,82% dengan rata-rata 64,35, pada siklus II meningkat menjadi 88,24% dengan rata-rata 7947. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui pendekatan kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi puasa ramadhan siswa kelas V SDN Banawa