UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE CERAMAH BERVARIASI PADA KELAS IV DI SD INPRES MOUTONG BARAT
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui untuk menganalisis upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode ceramah bervariasi pada materi asmaul husna kelas IV di SD Inpres Moutong Barat Sulawesi Tenga. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Inpres Moutong Barat Sulawesi Tengah yang berjumlah 14 peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa lembar observasi keterlaksanaan metode ceramah bervariasi, dan lembar angket hasil belajar peserta didik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode ceramah bervariasi pada materi asmaul husna kelas IV di SD Inpres Moutong Barat Sulawesi Tengah”,telah mencapai peningkatan pembelajaran melalui tahapan prasiklus, siklus I, dan siklus II, dengan perbandingan prosentase hasil peningkatan pembelajaran peserta didik dari tiap siklus sebagai berikut: tahapan prasiklus sebesar 20 % siklus I sebesar 54 %, dan siklus II sebesar 100%. Dengan demikian penggunaan metode pembelajaran ceramah bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik