MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENGENAL CIPTAAN ALLAH MELALUI PENGGUNAAN MODEL PJBL DI TK AL KAUTSAR KENDARI

Penulis

  • Sariyani TK Al Kautsar Kendari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan   Aktivitas  Belajar Peserta Didik  Dalam  Mengenal Ciptaan Allah Melalui Penggunaan  Model  PjBL.Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase fondasi Tk Al Kautsar Kendari Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 17 peserta didik. Teknik pengumpulan  data menggunakn  observasi. Hasil penelitian diperoleh dari model PjBL berhasil meningkatkan aktivitas belajar peserta didik  dalam mengenal ciptaan Allah . Sebelum diterapkannya model PjBL hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 10 peserta didik (58,8%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 3,3. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 12  peserta didik (70,58%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64,7 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 15  peserta didik (88,2%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata  82,2%. Peserta didik  lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model Pembelajaran Projek Based Learning (PjBL) ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2023-12-01