MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROJEK BASED LEARNING PADA MATERI MENGENAL RUKUN IMAN KELAS I SD NEGERI 6 KENDARI

Penulis

  • Rahma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Mengenal Rukun Iman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model PJBL. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A SDN 6 Kendari Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model PJBL berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Mengenal Rukun Iman. Sebelum diterapkannya metode PJBL  hasil belajar peserta didik  secara klasikal hanya 9 peserta didik  (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 67.25. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 peserta didik (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 77.5 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 peserta didik (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Diterbitkan

2023-12-01