MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENEREPAN MODEL PJBL PADA MATERI ASMAUL HUSNA DI KELAS II SDN 83 KENDARI

Penulis

  • Sarwin Wardin Faudin SDN 83 Kendari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan minat baca Al-Qur'an peserta didik pada materi asmaul husnadi kelas II SDN 83 Kendari dengan melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A kelas II SDN 83 Kendari Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi surah At-Tin. Sebelum diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya belum ada yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 43,33. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 peserta didik (35,29%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68.29 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 20 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83.54. peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Diterbitkan

2023-12-01