MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI AMANAH DAN JUJUR MENGGUNAKAN PENERAPAN INDEKS CARD MACH DI KELAS VIII SMP NEGERI 21 KENDARI

Penulis

  • Misrawati SMP Negeri 21 Kendari

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi siswa yang masih belum mampu memahami cara perilaku Amanah dan jujur,conto berperilaku Amanah dan jujur dan hikmah berperilaku Amanah dan jujur,siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran,dan masih rendahnya rata-rata nilai dalam menguasai materi Amanah dan jujur. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar PAI pada materi Amanah dan jujur melalui penerapan indeks card mach Kelas VIII SMP Negeri 21 Kendari,Kota Kendari,Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan standar kriteria kelulusan (KKM) 75. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) pada prosesnya penerapan metode indeks card mach.Penelitian tindakan kelas ini ada 4 tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kendari Kota Kendari,Provinsi Sulawesi Tenggara tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 14 orang.Pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus. langkah-langkah pelaksanaan metode indeks card mach yaitu membagi kelas menjadi 2 kelompok. kelompok 1 mendapat kartu pertanyaan,sedangkan kelompok 2 mendapat kartu jawaban.semua kelompok diminta mencari pasangan kartu,setelah mendapatkan pasangannya siswa diminta membacakan soal yang diperoleh dan selanjutnya dijawab oleh pasangannya.Hasil belajar diukur dengan menggunakan tes akhir pada akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran menggunakan metode indeks card mach dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PAI materi Amanah dan jujur kelas VIII SMP Negeri 21 Kendari Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Hasil tersebut di buktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa dalam materi Amanah dan jujur dapat dilihat pada : a.siklus 1 rata-rata 64%,kemudian dilanjutkan dalam siklus II rata-rata 92% sehingga dengan demikian rata-rata hasil belajar persiklus terlihat kecenderunag meningkat. b.berdasarkan hasil observasi  memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I belum mendapatkan hasil yang baik yaitu 64% kemudian dilanjutkan pada siklus II mencapai 92%.

Diterbitkan

2023-12-01