PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LERNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN FIKIH MATERI ZAKAT FITRAH

Penulis

  • Jumhana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pelajaran Fikih materi Zakat Fitrah di kelas V MI Al-Ikhlas Sayo. PBL merupakan metode pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah secara aktif, di mana peserta didik diajak untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah nyata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) selama beberapa siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V MI Al- Ikhlas Sayo yang terdiri dari sejumlah peserta didik. Data mengenai minat belajar peserta didik diambil melalui observasi, wawancara, dan angket. Selain itu, prestasi belajar peserta didik juga diukur untuk melihat dampak penerapan PBL terhadap pencapaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam minat belajar peserta didik setelah menerapkan model PBL. Peserta didik terlibat aktif dalam pemecahan masalah terkait materi Zakat Fitrah, meningkatkan pemahaman mereka, dan memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL dapat menjadi metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pelajaran Fikih, khususnya materi Zakat Fitrah di kelas V MI Al-Ikhlas Sayo.

Diterbitkan

2023-12-01