MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ZAKAT MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING FASE C KELAS V DI SD NEGERI 02 WONOSARI

Penulis

  • Rita Sumarlin SD Negeri 02 Wonosari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi zakat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas, subjek dan penelitian ini adalah fase C kelas 5 SD Negeri 02 Wonosari tahun ajaran 2023-2024, yang terdiri dari 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan model PBL, berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada matri zakat. Pada siklus I, persentase siswa yang belum tuntas masih di atas 50% hal ini berarti lebih dari setengah siswa belum mampu menguasai materi sistem zakat. Maka dapat dikatakan bahwa siklus I belum berhasil, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus I terdapat Kelemahan-kelemahan yang berasal dari guru maupun siswa yang harus diminimalkan pada siklus kedua. Kelemahan-kelemahan tersebut, antara lain (1) guru kurang maksimal dalam memotivasi siswa dan dalam menyampaikan tujuan pembelajaran, (2) guru kurang maksimal dalam pengelolaan waktu, (3) siswa kurang aktif selama pembelajaran berlangsung. Pelaksanaan siklus II dilakukan seperti siklus I sesuai sintaks PBL dengan memperhatikan kelemahan-kelemahan siklus I. Hasil tes akhir siklus II menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Persentase siswa yang mencapai tuntas di atas 75% yang berarti kurang dari seperempat siswa saja yang masih belum tuntas.

Diterbitkan

2023-11-30