MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE INFORMATION SEARCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI ZAKAT FASE C DI SD NEGERI 01 TILAMUTA

Authors

  • Hamsah Noho SDN 01 Tilamuta Nusantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti materi melalui metode Information Search. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C jenjang sasaran kelas 5a SDN 01 Tilamuta Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa metode Information Search berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi zakat. Sebelum diterapkannya metode Information Search hasil belajar siswa menunjukkan hanya 58,33% siswa yang tuntas (14 siswa) dengan nilai rata-rata 75.08. Setelah diterapkannya metode Information search pada siklus I sebanyak 83,33% siswa yang tuntas (18 siswa) dengan nilai rata-rata 86,34 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 91,66% (22 siswa tuntas) dengan nilai rata-rata 93.13. dengan menggunakan metode nformation search Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena pada metode ini siswa benar-benar berperan aktif dalam proses pembelajaran.

References

Abdul Majid Khon, 2005, Pendidikan dalam Perspektif Sunah Nabi Saw (Suatu Kajian Hadits Tematik dalam Sunah Ibn Majah dan Musnad Ahmad, dalam Jurnal Pendidikan Islam, Vol. VIII No. 1, 2005Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2002, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rosdakarya

Atiah Dwi Rusanti, skripsi judul Penerapan Strategi Information Search Untuk Meningkatkan Minat Dan Keberhasilan Pembelajaran Fiqih Ibadah, 160270576.pdf (core.ac.uk) diakses tanggal 29 Juli 2023 Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi II. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, 1996. Jakarta : Dirjen Pendidikan tinggi Depdikbud. Rineka Cipta.

El, Ihsana khuluqo. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2017

Hamruni. 2011. Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Irham, M.& Wiyani,N, A. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: AR. Russmedia, 2013.

Mardani, Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia Cet. I, (Bandung: PT. Refika Aditama 2011)

Muhamad A. Sodikin, Kamim Sumardi, Ega T. Berman, Journal of Mechanical Engineering Education, Vol 5, No.1 Juni 2018

Nana Sudjana, Cara Belajar Peserta didik Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru. 2004).

Quthub, Sayyid. Tt. Tafsir Fi Zhilaalil Quran. Jilid I. Beirut: Daar el Surq.

Saipul, Anmur, Profesionalitas Guru Agama Islam: Wacana Pengembangan Guru, dalam Jurnal Ta’dib, Vol. XIII. No. 1, Juni 2008.

Sayyid Sabiq, Fiqh Sunah Jilid 1 Cet.I (Jakarta, Darul Fath 2009)

Silberman, M. (2010). 101 Cara Pelatihan dan Pembelajaran Aktif. Jakarta: Indeks.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta, 2013.

Sudjana, N., 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Suharsimi Arikunto dkk, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014).

Sunarti, Research & Learning in Elementary Education, JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 6 Tahun 2022 Halaman 9680 - 9694

Suparman, 2005, Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Umrotul Khasanah, Manajemen Zakat Modern, (Malang: UIN-Maliki Press, 2010),

Zaini, Hisyam. 2008. Metode Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Published

2023-08-23