PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VIII B MTS. NEGERI 3 KOTA PALU

Authors

  • Adi Setiawan MTs. Negeri 3 Kota Palu

Keywords:

Metode Jigsaw, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian dilaksanakan di kelas VIII B semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang bertempat di MTs.N 3 Kota Palu. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yakni Bagaimanakah penerapan metode Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Fase D MTs Negeri 3 Kota Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian adalah suatu kegiatan penyelidikan yang terorgansir secara sistematis berdasarkan aturan-aturan baku. Tujuan dari suatu penelitian adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan sebelumnya. Penelitian tindakan kelas merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengamati kejadian- kejadian dalam kelas untuk memperbaiki praktek dalam pembelajaran agar lebih berkualitas dalam proses sehingga hasil belajar pun menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran yang dilakukan melalui penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa dengan metode jigsaw mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat dibuktikan dengan hasil yang diperoleh siswa selama kegiatan perbaikan pembelajaran yaitu : Aktvitas siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan metode jigsaw mengalami peningkatan secara bertahap mulai dari siklus I hingga siklus II. Selain itu kemampuan siswa secara klasikal dari siklus satu dan siklus dua dikatakan meningkat, yaitu pada siklus I ketuntasan mencapai 33% dan siklus II yang mengalami ketuntasan 85 % meningkat dan sudah mencapai indikator ketuntasan minimal secara klasikal yaitu ≥75%.

References

Abdul Majid, Penilaian Auntentik: Proses dan Hasil Belajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Agus Trisno Budiyanto, Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Studi CENTERED Learning (SCL), Malang: UMM Press, 2016.

Amalia Desi Yahayu, Euis Eti Rohaeti, Eka Sanjayawati, “Pengaruh Minat Belajar Siswa MTs Di Kota Cimahi Terhadap Pembelajaran Matematika” Jurnal On Education, Vol. 01, No. 02, Februari, 2017.

Amni Fauzian, Asihnrosnaningsih, Samsul Azhar, “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang”, JPSD, Vol. 4, Nomor. 1, Oktober 2017.

Anas Sudijono, Pengantar Statistic Pendidikan, Jakarta, Raja Grafindo Perseda, 2011.

Aprida Pane, Muhammad Darwis Dasopang, “Belajar Dan Pembelajaran”, Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 03, No. 2, Desember 2017.

Aqib Zainal, Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru, Bandung: Yrama Widya, 2006.

Ary Gumanti Tatang, Yunidar, Syahruddin, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016.

Baiq Yuliana Ariani, “Penerapan Strategi Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Biologi Siswa Kelas VII Di MTs Negeri Jonggat Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017” Skripsi, Uin Mataram, 2017.

Djaali, psikologi pendidikan, Jakarta: bumi aksara, 2017.

Falah Ahmad,”Studi Analisis Asfek-Asfek Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 01 Karang Mulang Gebong Kudus”, Elementary, Vol. 3, Nomor.1, Januari, 2015.

Fatmawati Uli, “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Materi Pokok Ilmu Tajwid Melalui Metode Drill Kelas VII G di SMP Negeri 1 Kragan, Rembang Tahun Pelajarn 2009-2010, SKRIPSI, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, Semarang, 2010.

Gazalba, Sidi, Pengantar Sejarah sebagai Ilmu, Jakarta: Bharata, 1966.

Haryati Sri, Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning, Magelang: Graha Cendekia, 2017.

Ibadillah, “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Budayaan Islam Melalui Strategi Pembelajaran Everyone Is A Tea Here”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, Semarang, 2011.

Indra Mugas, Penerapan Model pembelajaran TGT (Teams Game TTournament) Dengan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Kualitas Pemelajaran IPS pada Siswa Kelas VC SDF Islam Hidayatullah Kota Semarang”, SKRIPSi, Fakultas Ilmu Pendidikan UNS, Semarang, 2014.

Jhoni Dimyanti, Metodologi Pendidikan Dan Aplikasinya, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2013.

Kabela Putri, Sutrisno Djaja, Bambang Suyadi, “Pengaruh Minat Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017”,Pendidian Ekonomi, Vol .11, nomor 1, 2017.

Lusi Marleni,”Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang”, Pendidikan Matematika, Vol. 1 , No. 1, Mei 2016.

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Mu’alimin, Rahman Arofah Hari Cahyadi, Penelitia Tindakan Kelas Teori Dan Pratik, Pasuruan: 2014.

Nikmah Choirun, Pengembangan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran SKI Di MTs Darussalam Kedemangan Blitar Tahun Pelajaran 2014-2015, SKRIPSI, FTIK IAIN Tulungagung, Tulungagung, 2015.

Notosusanto, Nugroho, Norma-norma Dasar Penelitian dan Penulisan Sejarah,

Jakarta: Pusat Sejarah ABRI, 1971.

Nurdyansyah, Eny Fariyatu Fahyuni, Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013, Siduarjo: Nizamia Learning Center: 2016.

Al-Aliyy, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, Bandung: Diponogoro.

Rahma Tisa Nurpratiwi, Sigit Sriwanto, Esti Sarjanti, “Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajr Siswa Memalui Meode Picture And Picture Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajarn Geografi Di Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri Bantarkawung”, Pendidikan Geografi, Vol. IV, No. 2, Oktober 2015.

Rahman Saleh Abdul, Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam, Ciputan: Kencana, 2004.

Ramayulis, Metodelogi Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Kalam Mulia Jakarta, 2014.

Ricardo, Intansari Meilani Rini,”Infak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa”, Pendidikan Menejemen Perkantoran, Vol. 2, No. 2, Juli 2017.

Siswani Mulia Dini, Penelitian Tindakan Kelas Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Local Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube Banyumas, Khazanah Pendidikan, Vol. IX, No. 2, Maret 2016.

Siti Nurhasanah, A.Sobandi, “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa ,Jurnal”, Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1, nomor. 1, Agustus, 2016.

Solihah, Upaya Meningkatkan Minat Belajar Sisiwa Pada Bidang Studi Ski Dengan Menggunakan Metode Scrossword Puzzle Studi Pada Siswa Kelas IV MI Al-Hikmah Bekasi, SKRIPSI, FTK UIN Negri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, 2019.

Sudijono Anas, Pengantar Statistic Pendidikan, Jakarta, Raja Grafindo Perseda, 2011.

Suharsimi Arikonto, Suharjono, Supardi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016.

Published

2023-08-23