PENINGKATAN PENGUASAAN SURAT AL-KAFIRUN MELALUI METODE GERAK KINESTETIK SISWA KELAS II MIN KOTA JAYAPURA
Keywords:
Al-Quran Hadits,hasil belajar, metode Gerak KinestetikAbstract
Mempelajari dan memahami Al-Quran merupakan suatu kewajiban yang pasti dilakukan oleh ribuan umat Islam di seluruh penjuru dunia.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Surat Al-Kafirun pada mata Pelajaran Al-Quran Hadits melalui metode gerak kinestetik . Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A kelas II C MIN Kota Jayapura tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Gerak Kinestetik berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Surat Al-Kafirun. Sebelum diterapkannya metode Gerak Kinestetik hasil belajar siswa secara klasikal hanya 5 siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 58,22%. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 14 siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 25 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 84.41. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.
References
Ahmadi Abu, Sholeh Munawar. 2005. PSIKOLOGI PERKEMBANGAN. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Al-Qaththan Manna’. 2015. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Arikunto Suharsimi, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Arikunto Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto Suharsimi. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.
Badriyahia. 2018. Grow Faster With Qur’an. Sukabumi: CV Jejak.
Bensley. 2008. Metode Pendidikan Kesehatan Masyarakat, ed. 2. Jakarta: EGC. DePorter Bobby, dkk. 2007. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Direktorat pendidikan madrasah ibtidaiyah. 2015. Buku siswa Al-Qur’an HaditsKelas II. Jakarta: Kementrian Agama.
Djaali, Pudji Muljono. 2000. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pasca Sarjana UNJ.
Fathurrohman Mas’udi. 2012. Cara Mudah Menghafal Al-Qur’an. Yokyakarta: Penerbit Elmatera.
Fitrianti. 2016. Sukses Profesi Guru Dengan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Kris H Timotius. 2017. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Munir Misbahul. 2005. Ilmu dan Seni Qira’atil Qur’an, Pedoman bagi qori- qori’ah hafidh-hafidhoh dan hakim dalam MTQ. Semarang: Binawan.
Nugiantoro Burhan. 1988. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta: BPEE.
Purwanto Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Ridwan Abdullah Sani. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. Rusman. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sa’dulloh. 2011. 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Salim Badwilan Ahmad. 2010. Cara Mudah Bisa Menghafal Al-Qur’an. Jogjakarta: Bening.
Sudjana Nana. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: CV Sinar Baru.
Suryani, Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Syabur Syahin Abdul. 2006. Saat Al-Qur’an Butuh Pembelaan. Jakarta: Erlangga. Tim Bina Karya. 2009. Bina Belajar Al-Qur’an Hadits untuk Madrasah Ibtidaiyah:Erlangga