IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN DELAPAN INDIKATOR MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI HARI AKHIR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 17 WONOSARI

Authors

  • Anastasya Badrianty T. Matona

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 17 Wonosari pada materi Hari Akhir melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart, melibatkan empat tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa dengan motivasi belajar rendah. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi, dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas strategi STAD dalam meningkatkan motivasi belajar, dengan skor motivasi naik dari 65% pada pra-siklus menjadi 80% pada siklus 1 dan 95% pada siklus 2. Peningkatan terlihat dalam partisipasi aktif, rasa ingin tahu, dan keinginan belajar. Penelitian ini berkontribusi pada literatur pembelajaran PAI di sekolah dasar dan memberikan rekomendasi praktis bagi guru untuk menerapkan strategi STAD dalam meningkatkan motivasi siswa secara interaktif dan kolaboratif.

Downloads

Published

2024-09-30