PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TELADAN ASMAUL HUSNA

Authors

  • Yusuf Lauha

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran pbl dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi " teladan asmaulhusna " di Kelas IV SDN 01 Mananggu. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam beberapa siklus, yang masing - masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Dari hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus i, nilai rata- rata adalah 70 dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 85 diantaranya 5 siswa mendapat nilai dibawah 70 dan 5 siswa yang mendapat nilai diatas 70. pada pelaksanaan siklus ii, nilai rata- rata adalah 86,30 dengan nilai terendah 80 dan nilai tertinggi 90 diantaranya 6 siswa mendapat nilai dibawah 85 dan 4 siswa yang mendapat nilai diatas 85. Berdasarkan tindakan pada setiap siklus dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv sdn 01 mananggu.

Downloads

Published

2024-09-30