UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI PERMAINAN EDUKATIF KELAS V SD NEGERI 03 PAGUYAMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna melalui penerapan permainan Edukatif. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C Kelas V SD Negeri 03 Paguyaman Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. . Hasil penelitian diperoleh metode permainan Edukatif berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Asmaul husna Sebelum diterapkannya metode permainan Edukatif. Sebelum diterapkannya model permainan Edukatif hasil belajar peserta didik secara klasikal dari 10 peserta didik ada 6 orang yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yakni 75, dengan presentasi 70%. Setelah diterapkannya model permainan Edukatif tersebut pada siklus I hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan presentasi 70% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan presentasi menjadi 95,56%. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model pembelajaran ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.