GAME EDUCAPLAY : APAKAH DAPAT MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK ? (SEBUAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Authors

  • Olhan Nusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi teladan mulia Asmaul husna melalui Game Educaplay. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah fase B kelas IV SDN 10 Mananggu Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 11 peserta didik yang terdiri dari 5 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh Game Educaplay berhasil meningkatkan Minat belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna. Sebelum diterapkannya Game Educaplay minat belajar Peserta didik secara klasikal hanya 4 Peserta didik (36%) yang menunjukkan kategori Baik dengan jumlah rata-rata keseluruhan 71 %. Setelah diterapkannya Game Educaplay tersebut  menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik didik meningkat sebesar 45,45 %. pada siklus I (kategori Sangat Baik) dengan jumlah rata-rata 82,90 %, dan 81,81% pada siklus II (kategori sangat baik) dengan jumlah 91,45 % dengan peningkatan 20,45% Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran,  Dengan demikian terdapat peningkatan minat belajar dengan penerapan game  Educaplay di kelas IV SD Negeri 10 Mananggu tahun pembelajaran 2022/2023

Downloads

Published

2024-09-30