MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI KETERKAITAN IMAN ISLAM DAN IHSAN DI KELAS XI SMKN 4 GORONTALO

Authors

  • Sofyan Mustapa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Keterkaitan Iman, Islam dan Ihsan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase F SMKN 4 Gorontalo Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Keterkaitan Iman, Islam, dan Ihsan. Sebelum diterapkannya model Problem Based Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 4 peserta didik (33.33%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66.67. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 peserta didik (66.67%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 73.33 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 peserta didik (90.90%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 88.18. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-09-30