MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MAWARIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA KELAS XII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pembagian warisan dalam Islam di SMK Negeri 1 Gorontalo. Latar belakang penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan metode konvensional pada tahap pra-siklus, di mana hanya 33,33% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 70%, dan pada siklus II, 100% siswa berhasil mencapai KKM dengan rata-rata nilai yang lebih tinggi. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual di sekolah.