UPAYA GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN MENGHAFAL SURAH AL-HUJURAT AYAT 13 MELALUI METODE MASTER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menghafal pada materi surah al-Hujurat ayat 13 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Master. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B1 SDN No. 30 Kota Selatan Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Master berhasil meningkatkan keterampilan menghafal peserta didik pada materi Surah al-Hujurat ayat 13. Sebelum diterapkannya metode Master keterampilan menghafal Peserta Didik secara klasikal hanya 5 Peserta Didik (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 78.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 7 Peserta Didik (70%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 82 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8 Peserta Didik (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87. Peserta Didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.