PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LARANGAN ZINA DI KELAS X SMK KESEHATAN BAKTI NUSANTARA GORONTALO

Authors

  • Zulkifli Tuna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Larangan Zina di Kelas X dengan menerapkan Metode Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian kali ini adalah Fase E SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo Tahun Ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 12 peserta didik. Teknik Pengumpulan data menggunakan Tes, Observasi dan Dokumentasi. Hasil Penelitian yang di peroleh dalam penerapan MetodeTwo Stay Two Stray (TSTS) berhasil dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Larangan Zina. Sebelum di terapkan Metode Two Stay Two Stray pada hasil belajar, terdapat beberapa siswa yang belum tuntas. Dimana setelah dilakukannya penelitian tindakan kelas terlihat bahwa pada siklus I yaitu nilai rata-rata ketuntasan 66.67% dan Siklus II yaitu nilai rata-rata 90.90%. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Larangan Perbuatan Zina antara sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas dan sesudah dilakukan penelitian tindakan kelas.

Downloads

Published

2024-08-30