IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI Q.S. AL-BAQARAH/2:143 DAN HADIS TENTANG SIKAP MODERAT DALAM BERAGAMA

Authors

  • Andrizal Indara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Q.S. Al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dalam beragama melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 2 Sumalata Timur dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 60% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat dengan kualifikasi "baik" pada siklus II. Model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa.

Downloads

Published

2024-08-30