UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI PUASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS III SD NEGERI 5 MONANO KAB. GORONTALO UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi puasa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas III SD Negeri 5 Monano, Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Pada siklus pertama, persentase ketuntasan belajar peserta didik mencapai 65%, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 85%. Selain itu, model PBL juga meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model PBL dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya pada materi puasa, dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik.