MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN SURAH AL – MA’UN MELALUI MODEL PEMBELAJARAAN COOPERATIVE LEARNING PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Erni Handayani

Abstract

Erni Handayani. Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Surah Al-Ma’un Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Pada Peserta Didik Kelas V Di SDN 5 Kwandang. Di bimbing oleh Dr. Muh. Arif M.Ag sebagai pembimbing I dan Noho Husin Nusa S.Ag., M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar al-qur’an surah al-ma’un melalui model pembelajaran cooperative Learning pada peserta didik kelas V. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yakni peserta didik kelas V yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitin ini dilaksanakan dalam bentuk II siklus dan terdiri dari dua pertemuan, masing-masing pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahapan pelaksanaan, tahapan pengamatan, dan tahapan refleksi. Pada observasi ditemukan bahwa motivasi belajar al-qur’an surah al-ma’un masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan persentase motivasi belajar pada observasi awal peserta didik yang tuntas hanya mencapai 55%, pada siklus 1 motivasi belajar peserta didik meningkat dibuktikan dengan peserta didik yang tuntas mencapai persentase 70%, dan pada siklus II motivasi belajar peserta didik meningkat dibuktikan dengan peserta didik yang tuntas mencapai 95%. Hasil penelitian ini dapat disimpukan bahwa melalui model pembelajaraan Cooperative Learning  dapat meningkatkan motivasi belajar al-qur’an surah al-ma’un peserta didik kelas V di SDN 5 Kwandang. Peneliti mengakhiri penelitian pada siklus II, karena sudah mencapai indicator keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan yaitu 75%.

Downloads

Published

2024-08-30