PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI MENGHADIRKAN SALAT DAN ZIKIR MELALUI PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TOLINGGULA

Authors

  • Susanti Imlana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tolinggula terhadap materi menghadirkan salat dan zikir melalui penggunaan video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 16 siswa kelas VII yang mengikuti pembelajaran pada materi salat dan zikir. Prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus, yaitu siklus pertama dan siklus kedua, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami langkah-langkah salat dan zikir. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 25% dibandingkan sebelum tindakan, dan pada siklus kedua, terdapat peningkatan signifikan dengan rata-rata nilai yang lebih tinggi, mencapai 80%. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan motivasi dan keterlibatan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi salat dan zikir di kelas VII SMP Negeri 1 Tolinggula.

Downloads

Published

2024-08-30