PENERAPAN MODEL BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BERSYUKUR KEPADA ALLAH SWT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bersyukur Kepada Allah SWT berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui medel Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMPN 3 Sumalata Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Bersyukur Kepada Allah SWT. Sebelum diterapkannya model Problem Based Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 5 siswa (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 siswa (80%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.69 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85.00. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.