PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI SIFAT WAJIB ALLAH BAGI PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sifat wajib Allah bagi peserta didik fase B kelas 3 SD Negeri 9 Atinggola. Model Problem Based Learning dipilih karena dapat melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran melalui pemecahan masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar mereka. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 SD Negeri 9 Atinggola Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pada siklus pertama, peserta didik menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang ditandai dengan keaktifan dalam diskusi kelompok dan keberanian untuk mengemukakan pendapat kategori baik mencapai presentase 40%. Dan hasil belajar peserta didik yang tuntas 6 orang (66,7). Dan Pada siklus kedua, motivasi belajar semakin meningkat, terlihat dari kemampuan peserta didik menyelesaikan masalah secara mandiri dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran dengan kategori baik mencapai 90%. Serta hasil belajar peserta didik yang tuntas 10 (100%) orang Selain itu, peserta didik juga menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi sifat wajib Allah.