MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE MAKE A MATCH DI KELAS I SD NEGERI 05 PAGUYAMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman hasil belajar siswa pada materi Asmaul husna dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Make a Match. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A SD Negeri 5 Paguyaman Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Make a Match berhasil meningkatkan pemahaman hasil belajar peserta didik pada materi Asmaul husna. Sebelum diterapkannya metode Make a Match pemahaman hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa ( 30%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 7.66 Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 siswa (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74.80 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 82.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.