PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI ASMAUL HUSNA KELAS V SD NEGERI 16 TILAMUTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asmaul husna mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Make a match. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C SDN 16 Tilamuta Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Make a match berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi asmaul husna. Sebelum diterapkannya metode Make a match hasil belajar siswa secara klasikal hanya 2 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 60. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 3 siswa (42%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 62 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 9 siswa (92%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 86. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.