MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN STAD PADA MATERI BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT PADA FASE B DI KELAS III SD NEGERI 07 DULUPI

Authors

  • Itci Anto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Beriman Kepada kitab-kiab Allah dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode STAD. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN 07 Dulupi Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode STAD berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Beriman Kepada kitab-kitab Allah dengan berbagi. Sebelum diterapkannya metode STAD hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (30%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 7 siswa (70%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 82. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-06-30