PENERAPAN PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DI SDN 30 WONOSARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan pemberian Reward pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C kelas 5 SDN 30 Wonosari, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan motivasi observasi dan dokumentasi. Motivasi penelitian diperoleh bahwa penerapan pemberian Reward bermotivasi meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Sebelum diterapkannya pemberian reward pada pra siklus, motivasi belajar siswa secara klasikal hanya 8 siswa (40%) yang memenuhi kriteria. Setelah diterapkannya penerapan pemberian reward pada siklus I motivasi observasi meningkat sebanyak 6 siswa (75%) dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 4 siswa atau mencapai 90% di atas standar kriteria motivasi yang diharapkan. Siswa menjadi lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena penerapan pemberian reward ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.