PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERIMAWARIS DENGAN MODEL TPACK KELAS XII DI SMK NEGERI 1 MARISA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mawaris mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Projek Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase F SMKN 1 MarisaTahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Projek Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Mawaris. Sebelum diterapkannya metode Projek Based Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 5 siswa (33,33%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 49,73.Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 siswa (53,33%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 60.33 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 13 siswa (86,66%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 77.66. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.