PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANAK DIDIK PADA PELAJARAN PAI

Authors

  • Jamilah

Abstract

Pendidikan harus mampu berkonstribusi dalam peningkatan pendidikan, terutama dalam mengembangkan rancangan kurikulun yang disesuaikan dengan karakter serta dapat mengembangkan model pembelajaran yang efektif, efisien, menarik dan tepat. Namun berdasarkan studi pendahuluan ditemukan bahwa pembelajaran yang kurang memperhatikan perbedaan kemampuan anak didik telah mempengaruhi hasil belajarnya. Oleh karena itu perlu dilakukan Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan menggunakan  pendekatan  yang sesuai serta dapat memotivasi anak didik agar dapat aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat menigkatkan perubahan sikap dan hasil yang lebih baik. Dalam penelitian ini pendekatan Project Based Learning (PjBL) di implementasikan dalam meningkatkan pembelajar PAI di SDN 06 Duhiadaa sehingga pembelajaran yang efektif, efisien, menarik dan tepat. Berdasarkan penelitian pada siklus pertama diperoleh nilai rata-rata 70,2 atau berada pada kategori cukup baik. Selanjutnya pada siklus kedua perubahan lebih baik dengan hasil yaitu 87,5. Maka dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindak Kelas menggunakan pendekatan Project Based Learning (PJBL) telah berhasil.   

Downloads

Published

2024-04-30