UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE COOVERATIVE LEARNING PADA MATERI MENYAYANGI ANAK YATIM DALAM SURAH AL MAUN PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 3 GENTUMA RAYA KABUPATEN GORONTALO UTARA

Authors

  • Nurjan K. Mole

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik pada materi menyayangi anak yatim piatu dalam surah Al-Ma’un melalui metode cooverative learning. Penelitian ini termasuk penelitian Tindakan kelas ( Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas 5 Fase B SDN 3 Gentuma Raya Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 13 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, angket, peserta didik, dan guru pengampu. Hasil penelitian diperoleh metode cooverative learning secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman Peserta didik  kelas 5 SDN 3 Gentuma Raya terhadap Materi menyayangi anak yatim piatu dalam surah Al-MA’un. Sebelum diterapkan metode Cooverative learning tujuan pembelajaran belum dapat tercapai, karena baru 40% peserta didik mendapat nilai diatas rata- rata. Sebaliknya peserta didik terhadap tujuan pembelajaran sudah tercapai, 100 % peserta didik mendapat nilai diatas rata- rata. Peserta didik  menunjukkan mengalami peningkatan dibandingkan pada observasi awal sebelum diterapkannya metode cooperative learning.

Downloads

Published

2024-02-20