PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE PROJECT BASED LEARNING KELAS VII

Authors

  • Heriyanto Panuwao

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penerapan metode Project Based Learning (PBL) di kelas VII SMP Negeri 1 Sumalata tahun pelajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bahwa rata-rata nilai siswa masih rendah (67,2), dengan hanya 40% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Metode ceramah yang dominan digunakan menyebabkan rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Pada siklus pertama, PBL diterapkan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran Asmaul Husna melalui diskusi kelompok dan presentasi. Pada siklus kedua, perbaikan dilakukan dengan menambah motivasi dan media pembelajaran yang lebih menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa meningkat dari 67,2 pada pra-siklus menjadi 71 pada siklus 1, dan 78 pada siklus 2. Selain itu, tingkat ketuntasan siswa juga meningkat, dari 40% pada pra-siklus menjadi 60% pada siklus 1, dan 87% pada siklus 2. Dengan demikian, penerapan metode PBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sumalata.

Downloads

Published

2024-02-20